Divonis 3 Tahun Penjara Habib Bahar Terima Putusan Tersebut

Divonis 3 Tahun Penjara Habib Bahar Terima Putusan Tersebut

Detik99 – Meskipun belum genap sepekan pasca putusan terpidana kasus penganiayaan remaja Habib Bahar Bin Smith telah mengambil sikap atas putusan hakim, melalui tim pengacaranya Habib Bahar menerima vonis 3 tahun yang diberikan oleh Majelis Hakim.

Selain itu, ada beberapa pertimbangan yang menjadikan Habib Bahar menerima putusan hakim tersebut, putusan hakim dianggap sudah sesuai dengan harapan tim kuasa hukum dan Habib Bahar sendiri.

Sebelumnya majelis hakim memvonis Habib Bahar Bin Smith dengan hukuman 3 tahun penjara atas perbuatannya menganiaya 2 remaja Cahya Abdul Jabar dan Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi alias Zaki dan vonis hakim lebih rendah dibandingkan tuntutan jaksa penuntut umum Kejari Bogor yang menuntut 6 tahun penjara.

Untuk vonis ini lebih rendah ketimbang tuntutan jaksa penuntut umum yang menuntut Bahar hukuman 6 tahun penjara. Hakim berkeyakinan Bahar bersalah atas penganiayaan yang dilakukan terhadap Cahya Abdul Jabar dan Muhammad Khoerul Aumam Al Mudzaqi alias Zaki. Hakim menyatakan Bahar melanggar Pasal 333 ayat (2) KUHPidana dan atau Pasal 170 ayat (2) dan Pasal 80 ayat (2) Jo Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Seusai pembacaan vonis Habib Bahar Bin Smith memang tidak langsung mengambil sikap dan pihaknya masih pikir-pikir selama sepekan saat itu atas putusan hakim begitu juga dengan tim jaksa yang pikir-pikir atas keputusan tersebut.

BACA JUGA : Presiden Jokowi Ingin UMKM RI Masuk Pasar Global .

Bahar menyerahkan semua sikap hukumnya kepada tim kuasa hukum. Dalam persidangan, tim kuasa hukum mengambil sikap pikir-pikir selama sepekan atas putusan itu. Oleh karenanya, selama putusan belum berkekuatan hukum tetap, Bahar tetap ditahan di ruang tahanan (rutan) Mapolda Jabar.

Hakim menyatakan bila pebuatan yang dilakukan oleh Bahar telah mencoreng nama baik ulama, keadaan memberatkan terdakwa pernah dihukum, perbuatan terdakwa mengakibatkan dua orang menjadi korban dan perbuatan terdakwa merugikan nama baik ulama dan santri di lingkungan pesantren,” ucap Edison.

Selanjutnya dua santri Bahar disidang yaitu Agil Yahya alias Habib Agil dan Basit Iskandar alias Habib Basith, majelis hakim menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara bagi Agil dan 1,5 tahun untuk Basit.