Presiden Jokowi Ingin UMKM RI Masuk Pasar Global

Presiden Jokowi Ingin UMKM RI Masuk Pasar Global

Detik99 – Bank Indonesia (BI) menggelar pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 untuk mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar bisa go ekspor dan go digital.

Saat ini sudah ada puluhan UMKM binaan BI yang telah ekspor ke luar negeri. Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan saat ini sudah ada 91 UMKM yang melakukan ekspor ke berbagai negara dari 898 UMKM binaan BI.

“Kami laporkan sekarang ada 898 UMKM dan yang ekspor sudah 91 UMKM dengan nilai Rp 1,4 triliun selama satu tahun terakhir,” kata Perry di pembukaan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019, di JCC, Jumat (12/7/2019).

Beliau juga mengungkapkan selain mendorong UMKM untuk ekspor, bank sentral juga mendorong untuk go digital, sehingga pasar bisa menjadi lebih luas ke berbagai negara.

Dari sisi pembayaran, Perry mengungkapkan saat ini semakin mudah karena disediakan channel pembayaran menggunakan QR code.

“Saya ingin seluruh yang hadir di sini memviralkan ini. Ajak keluarga mulai dari suami, istri, pakde, bude, tante, om, opa, oma, anak, cucu ke sini 3 hari dan tidak perlu bawa uang tunai, bayarnya bisa pakai QR code, produk harga pengrajin dan kulinernya maknyus-maknyus,” ujarnya kepada wartawan Detik99.

BACA JUGA : Sjamsul Nursalim Segera Dibawa KPK Ke Persidangan.

Presiden Joko Widodo senang dengan kualitas produk-produk UMKM yang dibina oleh Bank Indonesia dan menurut Presiden Jokowi produk yang ditampilkan dalam pameran Karya Kreatif Indonesia tahun 2019 berkualitas tinggi.

Presiden Jokowi mengungkapkan hal tersebut usai meresmikan pembukaan serta meninjau produk-produk UMKM di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, selain itu Presiden RI Jokowi juga mengatakan beliau melihat produk-produk UKM yang didampingi, dikawal, dan dibina oleh BI adalah lompatan dari sisi kualitas dan sisi produk yang berkualitas dapat dilihat dari kemasan, branding didesain layan berkompetisi di pasar digital atau marketplace tanah air.

Selain itu, Presiden Jokowi juga sangat berharap ke depannya kualitas dari produk-produk UMKM Nasional dapat mampu bersaing di pasar global dan peningkatan kualitas produk UMKM menurut Presiden Jokowi juga karena upaya Bank Indonesia (BI) yang turut menyeleksi produk-produk UMKM tersebut.