Terjadi Gempa Bumi Kekuatan M 3,9 Di Nabire Papua

Terjadi Gempa Bumi Kekuatan M 3,9 Di Nabire Papua

Detik99 – Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ), gempa terjadi pukul 21.55 WIB, Rabu (5/6/2019). Gempa bumi magnitudo 3,9 terjadi di Kabupaten Nabire, Papua pusat gempa berada di darat.

Seperti yang telah dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) pusat gempa berada di darat 11 Km barat daya Nabire dan titik gempa berada di kedalaman 36 Km gempa terjadi di koordinat 3,41 Lintang Selatan dan 135,41 Bujur Timur.

Gempa bumi yang dirasakan dengan kekuatan II hingga III MMI di Nabire skala II MMI artinya getaran yang dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantungkan bergotang, untuk skala III MMI artinya getaran yang dirasakan nyata di dalam rumah terasa getaran seakan-akan ada truk yang berlalu.

Hingga pada saat ini belum ada informasi mengenai ada dan tidaknya korban jiwa dan kerusakan akibat gempa yang telah terjadi di Nabire, Papua dengan kekuatan magnitudo 3,9.

Ulasan Akun Twitter Resmi BMKG Gempa Nabire.

Selain itu terjadi juga gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,1 terjadi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dan pusat gempa berada di laut gempa juga dirasakan di dua desa di Donggola, yakni Malei dan Alindau.

Telah disampaikan oleh BMKG melalui akun twitter resminya @infoBMKG yang menyebutkan bahwa gempa tersebtu terjadi pada pukul 07.35 WIB dan pusat gempa berada di darat 8 Km Utara Malei, Kabupaten Donggola gempa ini berada di kedalaman 10 km sedangkan titik koordinat gempa berada di 0,05 Lintang Selatan dan 119,6 Bujur Timur.

Ulasan Akun Twitter Resmi BMKG Gempa Donggola.

Gempa yang dirasakan dalam skala III di Malei dan Alindau artinya getaran yang dirasakan nyata dalam rumah terasa getaran tersebut seakan-akan ada truk yang berlalu, seperti yang telah dilansir oleh wartawan Detik99 sampai pada saat ini tidak ada informasi mengenai ada dan tidaknya korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa yang telah terjadi di Donggola, Sulawesi Tengah.